Mengurus Paspor Lewat Online

Gak terasa, paspor saya dan istri sudah hampir kedaluarsa. Ditambah lagi sekarang ada bayi umur 6 bulan, dan istri saya harus meneruskan sekolah di luar negeri, oleh sebab itu kami wajib memperpanjang paspor RI ke kantor imigrasi.

Masalahnya, kami tinggal di Bandung dan KTP masih DKI Jakarta. Rumah orang tua saya memang dekat dengan kantor imigrasi kelas 1 Jakarta Timur, untuk pergi ke sana cukup berjalan kaki 5 menit. Tapi kalau harus berangkat dari Bandung ke Jakarta, tampaknya susah mengatur waktu.

Ternyata sekarang untuk pendaftaran pembuatan paspor baru dan perpanjangan paspor bisa melalui website imigrasi lho. Ini artinya, saya dan keluarga tidak perlu mengurus paspor di Jakarta, karena bisa dilakukan di Bandung.

Selain itu, pendaftaran online membuat waktu pengurusan jadi lebih singkat. Setelah mengisi data di website, kita akan mendapatkan bukti yang bisa dicetak, yang sudah memiliki tanggal wawancara. Kita tinggal datang ke kantor imigrasi kelas 1 terdekat, dan mengisi data tambahan untuk petugas. Data yang lengkap akan mempercepat proses pengurusan paspor kita.

Bagi yang baru membuat paspor, sesi wawancara biasanya agak lama karena petugas imigrasi harus memastikan kita memang punya tujuan yang baik, apalagi sekarang banyak orang Indonesia yang diam-diam pergi ke luar negeri untuk menjadi pekerja ilegal. Namun bagi kita yang memperpanjang paspor, wawancara cepat saja, karena kita dianggap tidak memiliki masalah selama 5 tahun ke belakang.

Kemarin kami mengurus paspor dari jam 8 pagi, dan selesai wawancara plus foto jam 11 siang. Paspor bisa diambil 3 hari kemudian, termasuk paspor untuk baby Laura :D.

Ada hal yang lucu, kebetulan bersamaan dengan kami, ada 2 orang bayi blasteran yang ikut membuat paspor. Bapak bule, emak lokal, anaknya lucu-lucu lho hahaha… Hebat juga ya, si bule mengijinkan bayinya menggunakan paspor RI.

Nah, bagi Anda yang ingin mengurus paspor, saya sarankan untuk mendaftar lewat online, supaya lebih cepat. Caranya? Google saja hehehe…

Incoming search terms:

  • paspor online bandung
  • syarat perpanjangan paspor imigrasi bandung
  • yhs-fullyhosted_003
  • cara buat paspor online di imigrasi bandung
  • cara perpanjang paspor online bandung
  • perpanjang di bandung paspor berapa hari
  • perpanjang paspor bandung di jakarta
  • perpanjang paspor dki jakarta online
  • perpanjang paspor online bandung berapa lama

7 thoughts on “Mengurus Paspor Lewat Online

  1. Mau nanya donk, kira2 dari masukin data online sampe di panggil wawancara berapa hari ya? soalnya lagi buru2 mau bikin paspor, udah mau mati plus ada trip di bulan depan. ada info ga mas bro?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Have you Subscribed via RSS yet? Don't miss a post!

(Spamcheck Enabled)